Sunday, February 3, 2019

Cara Mengatasi Website HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable

Cara Mengatasi Website HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable







Suatu hari kita ingin mengunjungi sebuah website namun tidak bisa diakses dan bertulis HTTP Error 500 dan Error 503 ( Service Unavailable ). Kenapa seperti itu ? Kenapa website Error 500 dan 503 ? Baik saya jelaskan satu-satu persatu Penyebab dan Cara Mengatasi Website HTTP Error 500 dan Error 503.


Apa Penyebab Website HTTP Error 500 dan Error 503 ? 


Penyebab Website HTTP Error 500 ialah karena sebuah server website tersebut mengalami masalah atau error namun kita tidak bisa langsung mengetahuinya, kenapa ? karena keterangan error pun kadang tidak jelas dan tidak terlalu spesifik. Untuk itu ada juga pesan error lainnya yang serupa namun beda penyampaian pesan saja. Berikut kode-kode pesan HTTP ERROR 500 : 

“The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request. Please contact the server administrator, webmaster@domain.com and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error. More information about this error may be available in the server error log.”

- 500 Internal Server Error
- HTTP 500 – Internal Server Error
- Temporary Error (500)
- Internal Server Error
- HTTP 500 Internal Error

Diatas adalah contoh-contoh umum kode pesan yang sering muncul dalam HTTP ERROR 500.

Penyebab Website HTTP Error 503
adalah Service Unavailable atau bisa disebut 503 artinya kesalahan layanan tidak tersedia maksudnya adalah website tidak bisa akses namun kesalahan layanannya tidak tersedia.HTTP Error 503 juga bisa disebabkan oleh serangan DDos Attack atau banyaknya permintaan script-script php pada server seperti plugin wordpresss. Kode HTTP Error 503 ini akan muncul ketika website tidak bisa diakses dan dibuka. Ada juga yang berpendapat bahwa Service Unavailable artinya adalah bahwa server web tersebut sedang perbaikan ( maintenance ) atau kata umum nya biasa disebut Server Terlalu Sibuk. Sama hal nya seperti HTTP Error 500, HTTP Error 503 ada juga Error lainnya yang serupa namun beda penyampaian pesan saja. Berikut kode-kode pesan HTTP ERROR 503 :

- 503 Service Unavailable
- HTTP Server Error 503
- 503 Service Temporarily Unavailable
- Service Unavailable – DNS Failure
- http/1.1 service unavailable


Nah sekarang sudah cukup jelas bukan apa penyebab dari Website HTTP Error 500 dan Error 503(Service Unavailable). Untuk dari itu adakah solusi untuk mengatasi HTTP Error 500 dan Error 503 ini? Tentu ada. Berikut Cara Mengatasi HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable :

Cara Mengatasi Website HTTP Error 500 dan HTTP Error 503


Clear Cache Browser

Yap, ini adalah cara pertama dalam masalah apapun di browser yaitu Clear Cache Browser. Apa maksudnya ? maksudnya adalah Membersihkan Sampah yang ada dibrowser. Cara ini cukup ampuh namun kita tidak tahu apabila masa Error saat Merefresh kembali website namun masih error kita coba langkah selanjutnya. 

Refresh Website Atau Reload Website 

Cara ini cukup mudah dengan kamu menekan tombol F5 pada website nya. Atau bisa kita temui di samping kiri URL website yang berbentuk gambar tanda panah berputar.

Cek File Corrupt Pada .htaccess

Untuk pengguna Wordpress cara ini cukup dengan anda login di Cpanel website anda lalu cari file yang corrupt ganti dengan yang tidak corrupt, cara ini bisa anda searching-searching lagi digoogle karena cukup rumit menjelaskannya.

Plugin & Themes ( Tema ) 

Bagi pengguna Wordpress untuk tidak melakukan bersamaan updated plugin dan themes. kenapa, karena itulah yang membuat website kita menjadi error karena plugin dan themes pihak ketigalah yang membuat error. Itu karena disebabkan bersamaan updated. Coba anda lakukan satu persatu misalnya plugin dahulu diupdate baru themes begitu sebaliknya. Jika telah terlanjur bersamaan update dan error, caranya cukup dengan anda Menonaktifkan plugin-plugin tersebut sehingga tidak memunculkan error lagi. Untuk data plugin tidak akan terhapus jadi anda tidak perlu cemas.


Tidak Berubah Sama Sekali dan Tetap Error ? 

Caranya, segera anda hubungi layanan hosting anda dan konsultasikan apa yang terjadi pada website anda. Untuk mengkonsultasikan ke layanan hosting silahkan anda ke website layanan hosting website anda lalu cari kontak nya seperti email atau chat live di website.


Penutup

Sekian dari saya semoga membantu kalian semua yang terjadi Website HTTP Error 500 dan Error 503( Service Unavailable ). Jika ada pertanyaan tentang seputar Artikel ini silahkan hubungi saya melalui kontak atau komentar dibawah. Terima Kasih! Salam TEKNOLOGI !





Search

- Cara Mengatasi Website HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable
- Cara Memperbaiki Website HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable
- Solusi Mengatasi Website HTTP Error 500 dan Error 503 Service Unavailable
- Website HTTP Error 500 dan Error 503
- HTTP Error 500 dan Error 503
- Error 500 dan Error 503
- 500
- 503

Jika Ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan berkomentar dibawah ini, mohon berkomentar dengan bijak dan sopan.
EmoticonEmoticon