Wednesday, May 29, 2019

Apa itu JDK, JRE dan IDE Pada Bahasa Pemrograman Java

Apa itu JDK, JRE, dan IDE pada Bahasa Pemrograman Java




Kali ini saya akan menjelaskan apa itu JDK, JRE, dan IDE pada Bahasa Pemrograman Java. Tak banyak yang akan kita bahas disini karena artikel ini sekedar membahas arti dari istilah tersebut serta kepanjangan dari istilah-istilah yang telah disebut sebelumnya. Yang kita bahas tentunya berkaitan dengan Java, akan lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu arti dari java itu sendiri. Berikut Penjelasannya :

Apa itu Java ?

Java adalah Bahasa Pemrograman yang terbilang masih dasar untuk pembuatan sebuah perangkat lunak atau software. Namun software itu sendiri lebih banyak dikenal dengan sebutan Aplikasi. 

Apa itu JDK pada Java ?

JDK adalah Singkatan dari Java Development Kit. JDK adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menggabungkan script kode java yang telah dibuat oleh developer lalu diterjemahkan ke dalam bytecode untuk dapat dikenali oleh JRE supaya aplikasi bisa dijalankan. 

Mengapa dari itu Hal Yang Wajib harus di Install terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi java adalah JDK.

Apa itu JRE pada Java ? 

JRE adalah Singkatan dari Java Runtime Environment. Sudah dijelaskan diatas bahwa fungsi JRE adalah untuk menjalankan Aplikasi. Jadi, JRE adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi setelah script kode java yang telah dibuat digabungkan lalu diterjemahkan ke dalam bytecode barulah Aplikasi bisa dijalankan. 


Dalam penjelasan diatas JDK dan JRE sangatlah berkaitan. Maka dari itu Versi yang di install di perangkat kamu harus sama atau juga bisa JRE diatasnya JDK.

Apa Itu IDE ?

IDE adalah Singkatan dari Integrated Development Environment. Sudah terlihat dari namanya yaitu development yang artinya pengembangan atau mengembangkan. Jadi, IDE adalah sebuah Program atau Software yang memiliki fasilitas serta fungsi dalam pembangunan membuat Aplikasi. IDE Sering dikenal dengan sebutan TEXT EDITOR.


Itulah Penjelasn dari Istilah JDK, JRE, Dan IDE Pada Bahasa Pemrograman Java. Semoga Bermanfaat.


Jika Ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan berkomentar dibawah ini, mohon berkomentar dengan bijak dan sopan.
EmoticonEmoticon