Friday, June 21, 2019

Apa itu SSL VPN dan Manfaat SSL VPN

Apa itu SSL VPN dan Manfaat SSL VPN


Pengertian dan Manfaat SSL VPN

Secure Sockets Layer (SSL) adalah protokol yang biasa digunakan untuk mengelola keamanan pengiriman pesan melalui Internet. Dengan menggunakan Web SSL VPN, klien dapat dengan aman masuk ke jaringan perusahaan mereka dari komputer lain tanpa memerlukan sertifikat khusus yang dipasang atau kata sandi grup di sisi pengguna.

Protokol untuk VPN SSL

Secure Sockets Layer (SSL) adalah protokol yang biasa digunakan untuk mengelola keamanan pengiriman pesan di Internet. SSL VPN menggunakan lapisan program yang terletak di antara HTTP dan TCP lapisan Internet. SSL VPN dimasukkan sebagai bagian dari browser Web dan sebagian besar produk server Web. Bagian "socket" dari istilah ini mengacu pada metode soket untuk mengirimkan data bolak-balik antara klien dan program server dalam jaringan atau antara lapisan program di komputer yang sama. SSL menggunakan sistem enkripsi kunci publik dan pribadi dari RSA, yang juga mencakup penggunaan sertifikat digital.

Sekilas tentang SSL VPN

  • SSL VPN bekerja di OSI Layers 4 meskipun 7
  • Koneksi jarak jauh dibuat melalui browser Web atau agen Java atau ActiveX yang dapat diunduh
  • SSL VPN tidak memerlukan klien.
  • Menyediakan granular, kontrol akses berbasis peran.
  • Tidak ada aplikasi atau administrasi klien.
  • SSL VPN secara native mendukung tunneling split.

SSL VPN bekerja dengan berkomunikasi melalui protokol SSL, memungkinkan lalu lintas melewati hampir semua proksi atau firewall yang mungkin membatasi akses Anda. Setelah terhubung, klien kecil berbasis Java diunduh ke browser Web komputer, yang membuat koneksi virtual antara komputer dan VPN konsentrator atau firewall yang menyediakan layanan.

Web SSL VPN secara otomatis mengunduh ke komputer pengguna dan menginstal sendiri bila diperlukan. Setelah sesi pengguna akhir selesai, dapat dikonfigurasi untuk secara otomatis menghapus dirinya sendiri dari komputer, tanpa meninggalkan jejak klien VPN. Ini berarti bahwa klien yang menggunakan SSL VPN dapat dengan aman masuk ke jaringan perusahaan mereka dari komputer lain, tanpa memerlukan sertifikat khusus yang diinstal atau kata sandi grup di sisi pengguna. Yang perlu mereka ketahui adalah kredensial mereka sendiri dan URL ke konsentrator VPN Web SSL.

Cukup Sekian artikel tentang Apa itu SSL VPN dan Manfaat SSL VPN  semoga bermanfaat bagi yang ingin mengetahui dan belajar. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah.

Jika Ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan berkomentar dibawah ini, mohon berkomentar dengan bijak dan sopan.
EmoticonEmoticon